PPS Lampulo & PPN Idi Rayeuk Diresmikan

26 July 2016
Category:
News
Comments: 0

Tags: ,

Selasa, (26/07/2016) Aceh patut berbangga bahwa pada saat yang bersamaan yakni 20 Juli 2016 telah lahir Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia No. 31/Kepmen-KP/2016 tentang penetapan Pelabuhan Perikanan Samudera Lampulo di Aceh, dan No. 32/Kepmen-KP/2016 tentang Penetapan Pelabuhan Perikanan Idi sebagai Perikanan Nusantara Idi.

Ditetapkan Pelabuhan Lampulo sebagai Pelabuhan Perikanan Samudera sejalan dengan kebijakan Pemerintah Aceh yang menjadikannya sebagai Kawasan Perhatian Investasi ( KPI) Aceh II. Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS), dikenal juga sebagai pelabuhan kelas A atau kelas I. Pelabuhan ini secara khusus dirancang untuk melayani kapal yang berukuran > 60 GT, dapat menampung 100 kapal atau total 6000 GT sekaligus, atau dapat pula melayani kapal perikanan yang beroperasi di perairan lepas pantai, ZEE, dan perairan internasional. Jumlah ikan yang didaratkan sekitar 40.000 per tahun dan juga memberikan pelayanan untuk ekspor.

Dengan begitu banyak kelebihan yang dimiliki setelah menjadi PPS diharapkan lampulo dapat meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan melalui penyediaan dan perbaikan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan samudera, mengembangkan wiraswasta perikanan serta untuk memasang atau mendorong industri perikanan untuk memasarkan hasil perikanan dan memperkenalkan dan mengembangkan teknologi hasil perikanan dalam perdagangan dan industri di bidang perikanan.

Sedangkan Pelabuhan Perikanan Nusantara  dikenal juga sebagai pelabuhan perikanan tipe B, atau kelas II. Pelabuhan untuk kapal perikanan berukuran 15-16 GT sekaligus. Pelabuhan ini juga melayani kapal perikanan yang beroperasi di perairan ZEE Indonesia dan perairan nasional. Jumlah ikan yang didaratkan sekitar 40-50 ton per hari atau 8.000- 15.000 ton per tahun. Seperti yang tertera di Kepmen-KP bahwa Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Idi, wajib menyampaikan laporan kegiatan pelabuhan perikanan setiap bulan kepada Direktur Jenderal Perikanan Tangkap dengan tembusan kepada Gubernur Aceh.

Semoga dengan diresmikan nya PPS Lampulo dan PPN Idi dapat meningkatkan nilai tambah/ value added industri perikanan  Aceh. (Ly)

 

Keputusan Menteri Tentang Penetapan Pelabuhan Perikanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *